Cara Mudah Membuat Background Photo Menjadi Blur

Cara Membuat Background Foto Menjadi Blur Dengan Mudah Di Photoshop





Halo World!
Tutorials-Essentials. Cara membuat background foto menjadi blur di photoshop. Background BLUR ? Background Blur adalah gambar yang menunjukan object tidak begitu jelas yang berarti suatu gambar tersebut tampak samar atau terlihat tidak jelas.

Mengapa Background Blur ? Sekarang tergantung dengan anda, jika object pada background tidak begitu sempurna dimata maka anda bisa mencoba dengan mengeblur background tersebut. Background Blur akan terlihat lebih indah jika dilihat, ini dikarenakan suatu object pada background tidak terlihat jelas melainkan object pada foto akan terlihat lebih jelas dibanding dengan background.


Lalu Bagaimana Cara Membuat Background Blur ?

  • Klik Open Pada File dibagian atas paling kiri , untuk membuka foto yang anda inginkan. Selanjutnya pilih foto didalam komputer anda, seperti pada contoh gambar dibawah ini :


  • Setelah anda membuka foto yang ingin anda edit menjadi blur pada backgroundnya sekarang anda perhatikan gambar dibawah ini :

  1. Geser cursor anda pada ToolBar pada Lasso, Klik Lasso Tool, ini berguna untuk menentukan object mana yang tidak anda inginkan menjadi blur.
  2. Selanjutnya seleksi foto yang tidak ingin anda blur, Cara seleksinya dengan menarik kursor anda dengan sedikit jarak disamping object yang tidak ingin anda blur, tarik kursor dari titik awal mengelilingi object dan kembali atau satukan kembali ke titik awal. maka akan tampak seperti gambar (No 2)
  3. Setelah anda berhasil menyeleksinya selanjutnya tekan CTRL + J , maka akan muncul layer baru dengan format name layer 1, seperti contoh gambar (No 3 ).


  • Setelah selesai seleksi object Selanjutnya anda ketahap blur pada background

  1.  Klik Menu Filter. 
  2. geser cursor anda ke menu blur.
  3. dan geser kembali cursor anda lalu klik pada Gaussian Blur.

  • Setelah anda klik Gaussian Blur maka akan muncul tampilan atau settingan Gaussian Blur. Seperti contoh gambar dibawah ini :
  1. Silahkan anda atur seberapa blur yang anda inginkan preview blur akan terlihat dikotak settingan pada Gaussian blur, cara mengaturnya anda bisa menggeser cursor anda di Radius atau anda bisa mengaturnya dengak menekan tombol angka dengan keyboard.
  2. Klik ok. Pastikan layer anda pada object yang ingin anda blur atau anda bisa lihat pada gambar diatas tepat pada kotak berwarna merah. 

  • Jika anda telah selesai membuat background menjadi blur dengan Gaussian blur maka hal selanjutnya adalah menghapus bagian object, yang diawal sudah anda copy atau dengan menekan CTRL + J.
  1. Geser cursor anda pada Tool Bar Eraser. Lalu klik pada Eraser Tool.
  2. Hapus seluruh bagian samping pada object tanpa harus mengenai object utama atau anda bisa lihat pada gambar diatas (No2). Didalam lingkaran putih kita bisa melihat bahwa object yang tidak dibutuhkan akan terhapus dan menyatuh kembali pada background yang sudah anda blur dengan Gaussian Blur. 


Maka hasil editian membuat Background Blur akan tampak seperti ini :





Artikel Terkait

6 komentar

avatar

Wah mudah dimengerti untuk pemula photoshop. Makasih banyak

Reply
avatar

ini adalah cara yang sangat mudah saya berikan untuk pemula photoshop

Reply
avatar

Thanks gan tutorialnya. Simpel dan Mudah dihamani

Reply
avatar

wah saya sangat awam dengan Photoshop.Nice info

Reply
avatar
avatar

Wihh mudah ternyata kirain susah Gan, soalnya saya pernah nyoba tapi gak tahu tutornya
Thanks Gan

Reply